Resep Bumbu Rendang Daging Sapi

Resep Bumbu Rendang Daging Sapi

Definisi Makanan Rendang

Resep Bumbu Rendang Daging Sapi, Rendang dalam bahasa Minangkabau adalah masakan yang berbahan dasar daging asli Indonesia. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Rendang merupakan salah satu makanan terenak di dunia. Makanan tradisional yang berasal dari tanah Minangkabau ini telah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN International mengalahkan sushi khas Jepang.

Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Bumbu utama yang digunakan dalam memasak rendang di antaranya daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini berhasil masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Kandungan Bahan Makanan Rendang

Rendang adalah masakan yang kaya akan kandungan bumbu rempah. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Variasi Makanan Rendang

Rendang umumnya menggunakan daging sapi, tetapi dikenal pula berbagai jenis bahan daging lainnya yang dimasak sesuai bumbu dan resep. Variasi rendang antara lain:

  1. Rendang daging: Rendang daging sapi, kerbau, kambing, atau domba.
  2. Rendang ayam: Rendang yang terbuat dari daging ayam.
  3. Rendang bebek: Rendang yang terbuat dari daging bebek.
  4. Rendang hati: Rendang yang terbuat dari hati sapi.
  5. Rendang paru: Rendang yang terbuat dari paru-paru sapi, khas Payakumbuh.
  6. Rendang suir: Rendang khas Payakumbuh yang dibuat dari daging ayam atau sapi yang serat dagingnya disuir atau diurai kecil-kecil. Rendang suir mirip abon, perbedaannya adalah serat dagingnya lebih besar dan bumbu rendang keringnya yang khas.
  7. Rendang kerang: Rendang yang terbuat dari kerang, khas dari daerah pesisir seperti Pesisir Selatan dan Pariaman.
  8. Rendang belut: Rendang khas Kabupaten Tanah Datar yang diolah dengan bermacam-macam daun sehingga menghasilkan rasa asam dan pedas.

Bahan-Bahan Masakan Rendang

Berikut adalah Resep Rendang khas Padang

Bahan:

• 1/2 kg daging sapi tanpa lemak

• 1/4 kg santan kental atau 300 ml

• 10 buah bawang merah

• 5 buah bawang putih

• 1/2 ons cabai merah keriting

• 1 cm jahe & 1 cm lengkuas memarkan

• 1 sdt ketumbar

• 2 batang serai geprek terlebih dahulu

• 2 biji asam kandis

• 2 lembar daun jeruk

• 3 lembar daun salam

• 1 lembar daun kunyit

• Garam & Gula pasir secukupnya

Baca Juga: Memilih jasa nasi kotak yang tepat

Kamu harus  memilih jasa nasi kotak yang tepat dan jasa yang sudah profesional dalam menangani hal semacam ini. Kamu bisa dapatkan infonya dari kawan, saudara, teman kerja atau yang paling praktis sosial media. Misalnya buat kamu yang tinggal di kota Surabaya gak usah repot lagi mencari jasa nasi kotak enak di Surabaya. Kamu bisa langsung pesan di Nasi Kotak Tasneem. Menyediakan berbagai pilihan menu. Sudah profesional dalam menangani hal semacam ini. Sudah banyak yang menggunakan jasa ini. Seperti acara pernikahan, bisnis kerja, wisuda, arisan, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu yang ingin pesan nasi kotak yang baik. Bisa mengikuti cara-cara memilih nasi kotak yang baik. Agar acaramu berjalan dengan lancar dan dapat menghindari kekecewaan baik pihak keluarga maupun pihak tamu undangan. Nasi Kotak Tasneem adalah salah satu yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional terpercaya Nurul Hayat.

Artikel Kuliner Masakan

Kantor Kami

Kantor Kami

Produk Kami

© 2021 Nasi Kotak Tasneem